Kamis, 15 Agustus 2013

Profil

Desa Rantau Hempang diperkirakan ada sejak tahun 1915 yang penduduknya sebagian besar berasal atau perpindahan dari desa Sabintulung yang pergi merantau untuk mencari penghidupan baru. Desa Rantau Hempang dulunya juga memiliki kekayaan yang beraneka ragam tanaman dan tumbuhan hutan, diantaranya pohon-pohon yang besar dengan segala jenis tumbuhan, termasuk juga tanaman bambu dan rotan yang bisa dimanfaatkan oleh para nelayan sebagai bahan untuk membuat Hempang penangkap ikan sesuai dengan namanya Rantau Hempang.


Lokasi Desa Rantau Hempang sebelah Utara berbatasan dengan Desa Bunga Jadi ( SP 5 ) dan Desa Sabintulung, sebeelah Timur berbatasan dengan Desa Benua Puhun, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Loleng Kec. Kota Bangun dan sebelah Barat berbatasan dengan Desa Muara Kaman Ilir.


Luas Wilayah Desa Rantau Hempang sekitar 22.002 Ha dengan jumlah penduduk dulunya sekitar 300 jiwa. Sekarang jumlah penduduk Desa Rantau Hempang 1461 jiwa dengan jumlah kepala Dusun sebanyak 3 orang dan Ketua RT sebanyak 10 orang, sebagian besar suku kutai.
Mayoritas pekerjaan sehari-hari masyarakat Desa Rantau Hempang dulunya adalah Petani dan Nelayan. Sekarang dengan adanya perkembangan jaman yang semakin maju, masyarakat Desa Rantau Hempang sudah banyak yang berganti profesi, ada yang dari petani dan nelayan menjadi Karyawan Perusahaan, Pegawai Negeri Sipil, Pedangang dan karyawan Swasta lainnya.
Tetapi sebagian dari masyarakat Desa Rantau Hempang masih ada yang bertahan hidup dengan mengandalkan usaha pertanian dan nelayan dengan penghasilan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari.


Kondisi ini bertambah parah karena susahnya transfortasi kekota apabila dimusim penghujan mengingat jalan yang belum berbatu sehingga jalan tanah tersebut kalau musim penghujan tidak bisa dilalui/dilewati kendaraan yang akan keluar kota. Untuk menanggulangi hal ini Pemerintah Desa terus memperjuangkan pembangunan dibidang infrastruktur, khususnya dibidang Pembangunan Jalan Desa guna memperlancar pertumbuhan Ekonomi.


Kondisi Umum Desa Rantau Hempang
Luas Wilayah :22.002 Ha
Tanah Sawah :1.160 Ha
Tanah Pekarangan :250 Ha
Lain-Lain :D itinjau dari orbitasi Desa Rantau Hempang.
-Jarak Ke Ibu Kota Kecamatan terdekat :20 Km
-Lama Tempuh Ke Ibu Kota Kecamatan :30 Menit
-Kendaraan umum ke ibu kota kecamatan :Ketinting
-Jarak Ke Ibu Kota Kabupaten :80 Km
-Lama Tempuh Ke Ibu Kota Kabupaten :90 Menit
-Kendaraan Umum ke Ibu Kota Kabupaten :Kapal Air
-Jarak Ke Ibu Kota Provinsi :95 Km
-Lama Tempuh Ke Ibu Kota Provinsi :150 Menit
-Kendaraan umum Ke Ibu Kota Provinsi :Mini Bus

-Keadaan Topografi
Secara Umum keadaan topografi Desa Rantau Hempang adalah dataran rendah dan merupakan daerah pertanian dan perikanan darat/tambak.sedangkan fisik dasar sbb:

Iklim,
Memiliki iklim tropis ( dua musim ) yaitu musim hujan dan musim panas.
Klimatologi
Curah hujan :Lebat (5,6 mm)
Jumlah bulan hujan :4 bulan.
Suhu Rata-rata :30 derajat celcius.
Letak Ketinggian :900 dari permukaan laut.

-Keadaan Sosial Ekonomi Penduduk

Jumlah Penduduk
Desa Rantau Hempang berpenduduk 1461 Jiwa dengan luas wilayah 22.002 Ha. Dengan Klasifikasi Perempuan 585 Jiwa, Laki-Laki 876 Jiwa dan terbagi dalam 348 Kepala Keluarga ( KK ) berdasarkan hasil pemetaan social dari analisa penyebab kemiskinan yang telah dilakukan fasilitator desa/kader desa di dapakan bahwa kurangnya pengembangan insfrastrukur umum seperti jalan, kebutuhan listrik yang saat ini lebih menggunakan jenset dengan biaya operasional yang relatif mahal. kurangnya perhatian pemerintah daerah akan fasilitas pendidikan seperti sekolah, pelatihan, kursus dan pelatihan kepada masyarakat adalah pengaruh terbesar pada kemiskinan masyarakat desa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar