Senin, 19 Agustus 2013

Kesah Di Rantau Hempang

Busu Mbok yang sama sama bebahagia,
Kesah ni saya kesahkan balik ke kita
apa riwayat kesah etam siang ni............

Rantau Hempang itu awalnya adalah hutan dan jua rawa yang sangat rimbun dan lebat, mandik pernah ada yang jamah selain urang-urang Sabintulung yang kita tahu sorang memang urangnya jagau-jagau dan memang Sabintulung terkenal sebagai Hulu Balang Kerajaan Kutai Mulawarman Bahari dan jua terkenal urang-urang yang senang bertapa, pasti disini banyak tedong yang pore-pore dan jua ada buhayanya di padang selingsing yang lumayan dapat molah sawan bila etam betemu dengan salah sebuting dari yang saya sebutkan diatas, tapi ini ndik jadi masalah bagi bubuhan Sabintulung leluhur kita.. mun pernah kita sekeroanan bejalanan ke Rantau Hempang atau pernah umpat behuma dapat Etam lihat  tanaman peningalan bahari banyak etam temukan puhun buluh di pinggir tebes mahakam atawa pinggir anak sungai nuju ke dalam daratan Rantau Hempang. Ada jua tanaman Penjalin yang saling kait mengait diantara tepi anak sungai Mahakam.

 

Baik wayah nie gin dapat jua etam temukan puhun buluh yang rapi tegak memamng ditanam di pinggir sungai atawa penjalin yang rindum di punhun pore, karena memang disenghaja supaya nyaman bepolah segala macam, baik cari jukut, berburu atawa merakit kayu (gubang), karena tentunya  mandik lepas dengan namanya aer ( nelayan )ngan dengan hidup di daratan, behuma ,bekebon, molah pondok dan jua nyadap gula benda di pehumaan.



Tempo hari saya menjanjikan tambahan kesah behuma ala Kampung Rantau Hempang, cari jukut ala Rantau Hempang sampai dengan kesah pemondokkan dan sampai jadi kampong Rantau Hempang, hari ini saya kesahkan tentang mula-mula boyok etam behuma.

 

Sebelum behuma di Rantau Hempang sekarang tesebut namanya, amun dulu  maseh disebut himba artinya hutan yang man  ndik pernah/ belum tejawat manusia artinya hutannya perawan. Boyok etam milih lokasi pehumaan pertama kali tentu yang paling baik diantaranya yang paling baik, paling subur diantaranya yang paling subur,dan jua etam perlu ingat pasti humanya lari ke rapak. Apa maksud boyok etam waktu itu jua hum,nya ada rapak nya, alasan pertama parak aer untuk minum mendi dan lain sebagainya kedua menjaga sendainya musim panas selawasan behuma ada harapan ngetam padi rapak, tegak padi popot, serai semacamnya.

 

Ilmu betani sudah boyok etam dapatkan di Kampung asal yaitu Sabintulung sampai Kampung Sedulang,dengan jiwa jelajah hutan ini sampai jualah tembus kehilir yang baik tanahnya dan subur serta banyak jukutnya sampai hijrah jua akhirnya ke tanah Rantau Hilir ( Rantau Hempang ). Liur kali hendak behuma, himba maseh luas, lahan maseh luas mandik pernah berebut apalagi sengketa tegak wayah ni,sebenarnya hutan dah tebagi dan alam jua dah dibagi  Tuhan Alam Semesta dan jua diberikan wadahnya masing-masing, kalimantan odahnya etam dan jua etam mandik diberi ketamakan sampai kenegeri lain. Tuhan sebenarnya sudah memberikan rezeki hanya manusia yang mandik tahu adat, mandi tahu sopan santun dan tata kerama, dan jiwa ndik mampu dalam pengendalian hawa nafsu. Bersyukur hak Kutai ini diberikan tata krama, bersosial  sangat baik, sampai pernikahan jua perlu kemapanan dan tanggung jawab yang mantap. Bunyi pemerintah pusat behuma bepindah-pindah itu dapat menyebabkan tanah jadi gersang, tanah jadi longsor, itu bunyi sida , tapi saya/ bunyi penulis itu carangan ngeramput. Logika mana ada putra daerah ngehancurkan rumahnya sorang, piring nasi sorang dengan mengundang kehancuran dan kegersangan Naudzubillah tudingan pusat pada leluhur etam mandi terbukti sampai wayah ni, justru merekalah atau pendatang/ pengusahalah yang menghancurkan penghidupan etam. Lihat haja batubara merusak hutan asli ini merusak hutan tapi pemerintah pusat diam sambil ngecap, HTI merusak hutan pemerintah pusat melihat dengan kacamata hitam, mending sawit maseh ada tumbuh tanaman baru, itu gin investasi dan keuntungan sida beneh - beneh ngakali masyarakat dengan preman negara dengan menggunakan jasa Tim Lokal ( penulis menulis bukannya provokasi tapi memang bujur beneh, beneh bujur apa hak lagi yang dapat saya sebutkan memang beneh ,asli memang beneh dan jua memang benehnya tegak itu, asli memang bujur ngeramput ( jarang-jarang saya nuliskan kata -kata tegak ini, tapi amun ndik dilukiskan kendia KUtai tidur terus , koler lagi, mehondok terus ditabrak dozer dihadapan baru hak temingat, baruhak tekelijik kan fatal hak jadinya ).

 

Etam bebalik ke jaman pehumaan pertama di Rantau hempang, mual-mula memang sorang atau bedua yang mulai nebas himba ni dengan permulaan kesah awal kan wadah  molah pondok ,bekebon dan jua wadah naroh hempang, gela ebu, tahanan dan jua nyimpan jukut yang ndik dapat diangkut ke sabintulung. ada jukut jua yang pore di pija sida( ikan asin sida kota saneh nyebutnya ). Mun sempat di salai jua jukutnya. Lawas-kelawasan ada tepikiran untuk behuma sekalian jua jagai Ebu ngan jukut-jukutnya karena dilihat himbanya baik bila ditanami padi, apalagi besedia hak boyokni dengan tampilan parang yang masok beneh yang ditempa behimat, besedia beliung sejenis kapak yang biasa dipakai untuk nebang puhunnya pore-pore ding sanak, di rangkai hak bebaik dengan penjalin dahanan lalu dianyam bebaik dan diikat kuat-kuat dengan penjalin pilihan. Mula sorang bedua nebas, melihat himba sedikit demi sedikit tebuka ada yang misit umpat jua nebas , akhirnya jadi banyak jua keroanan sekelompok yang nebas di himba itu secara besama ( kutai ada jua sifat gotong royong tapi mandik ada paksaan hanya sukarela dingsanak) hanya melihat keroan jadi terinspirasi hendak umpat jua apalagi yang sifatnya baik itulah ciri khas masyarakat kerajaan Kutai Mulawarman ( Muarakaman-Sabintulung) dingsanak.

 

Cara nebasnya jua Boyok etam ada teknik yaitu nebas pohon yang halus halus dulu , gela motok akar2 fehulu supaya apa dingsanak supaya mandik kepanasan nebas himba, kira-kira luas dan yakin seluas itulah lahan yang hendak di humai, baru hak puhun yang besar2 ditebang. Ada jua puhun yang paling besar  dan tinggi mandik ditebang boyok etam. Himba yang sudah ditebas dan jua sudah ditebang dipucahkan dulu sampai bujur kereng, rahatan itu jua sekeliling himba itu dibersihkan supaya waktu penunuan api mandik menjalar kedalam hutan lain tentunya ini menjaga hutan tetap utuh dan sampai musim penebasan kendia nyaman nebasnya dan  baik jua tanahnya biar ndik pakai pupuk padinya tetap subur.Kesah ni saya dapat tulak Alm Nenek laki saya DUl Hakim Bin M. Kubok di pihak mamak saya yang tulak remaja sampai beranak pinak  bediam di Rantau Hempang, dan jua kesah Alm Nenek Laki M. Jabah Bin Dul Hamid asli Sabintulung-sedulang yang sempat nulungi bubuhan behuma di Rantau Hempang tapi mandik menetap di Rantau Hempang nenek saya  waktu itu netap di Sabintulung lawas-kelawasan turun jua di Separi- Embalut dan menghembuskan napas terakhir di daerah Embalut City ( sekarang wilayah Tenggarong Seberang trans L3 ). Kesah ini ndik hanya besumber pada kedua Alm. nenek tesebut diatas, sumber kesah Rantau Hempang ini jua saya dapatkan cerita tulak tokoh masyarakat dan tokoh adat Rantau Hempang yaitu Tua Bani sekarang masih hidup, jua keroan tetuha lainnya yang masih hidup, saya dapat sumber kesah dari satu sumber ke sumber lainnya. Dirangkum dan dijadikan sebuah telaah dan telitian hingga masuk akal dan sesuai dengan hakekat Masyarakat yaitu mencari jukut, behuma, bekebon maka di dapatkanlah sebuah kesah Rantau Hempang ini. Adapun jika ada kekurangan ataupun ada kelebihan kesah saya beucap mohon maaf sepore-porenya dan jua berkenan tegak semacam kritik dan yang semacamnya hingga dapat membangun kesah ini dingsanak mbok ngan busu seberataan dapat mengirim naskah kesah berbahasa Kutai ke stmiksarkanik@rocketmail.com atau pada inbox FB saya di https://www.facebook.com/andisarkanik.stmik.


Kendia saya tambah kesahnya Busu Mbok ada kerjaan di luar Sanneh ni, kela ada kesah lanjutan behuma, mencari jukut sampai pemondokkan akhirnya jadi kampong Rantau Hempang wayahni............ ( mohon ampun maaf busu mbok bahasa saya ni telepat- lepat sihan ( ada logat versi hampang, ada versi benua puhun, ada versi kota bangun , versi sabintulung, versi embalut, versi tenggarong maklunm hak leh saya ni bepindah-pindah sampai tecampur jua bahasa Kutai dengan bahasa Banjar... )

1 komentar:

  1. Desa Rantau hempang jadi inget pernah merantu ke sono friend...jadi warga transmigrasi yang di kasi rumah n lahan garapan...

    BalasHapus